Pengertian
New Media merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi
antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta
terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat
merepresentasikan media baru adalah Internet.
Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan
jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.
Menurut Para Ahli :
Menurut Everett M.
Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media
komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era
komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi
interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi
interaktif.
Menurut Ron Rice mendefinisikan
media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di
dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya
untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang
diinginkan.
Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
Komponen New Media.
Didalam New Media ada beberapa komponen seperti pembuat, penyalur dan pemakai. Komponen tersebut digunakan agar dapat berhubung dengan New Media, diantaranya sebagai berikut:
Distributor, merupakan sebuah
perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut juga sebagai media
yang berfungsi menghantarkan pemakai untuk memakai itu sendiri.
Konsumen, merupakan orang yang
berperan sebagai pemakai sebuah sarana media atau New Media.
Contoh dari New Media adalah
internet.
Internet semakin berkembang di
zaman yang semakin maju. Internet juga memiliki keenam karakteristik dalam
media baru yang ditunjukan melalui kemudahan mengakses informasi dalam berbagai
layanan dengan jangkauan yang sangat luas.
Comments
Post a Comment