PENGERTIAN NEW MEDIA DAN CONTOHNYA

1,1 Apa yang anda ketahui tentang New Media dan Berikan Contohnya?

Pengertian
New Media merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.

Menurut Para Ahli :

Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.

Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.

Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

Komponen New Media.

Didalam New Media ada beberapa komponen seperti pembuat, penyalur dan pemakai. Komponen tersebut digunakan agar dapat berhubung dengan New Media, diantaranya sebagai berikut:

Produsen, merupakan orang yang menciptakan wadah atau sebuah sarana New Media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk New Media.
Distributor, merupakan sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut juga sebagai media yang berfungsi menghantarkan pemakai untuk memakai itu sendiri.
Konsumen, merupakan orang yang berperan sebagai pemakai sebuah sarana media atau New Media.

Contoh New Media :


Contoh dari New Media  adalah internet.
Internet semakin berkembang di zaman yang semakin maju. Internet juga memiliki keenam karakteristik dalam media baru yang ditunjukan melalui kemudahan mengakses informasi dalam berbagai layanan dengan jangkauan yang sangat luas.


Comments